Semenjak iOS 11, Apple memberikan fitur Battery Health, dimana pengguna bisa melihat informasi lebih detail mengenai status baterai pada iPhone serta pengaruh atau tidaknya baterai terhadap performa.

Seiring berjalannya waktu, melalui iOS 13, Apple memperkenalkan fitur yang bernama “Optimized Battery Charging“. Dimana ketika fitur ini aktif, maka iOS akan mempelajari kebiasaan pengguna ketika melakukan pengisian baterai.

Misalnya saja, jika kamu biasanya mengisi baterai pada malam hari saat tidur, iPhone mungkin akan membatas pengisian baterai hingga 80%, dan ketika kamu bangun — misalnya saja bangun jam 5 — maka iPhone akan melanjutkan pengisian 20% sisanya dalam 1 jam sebelum kamu bangun. Hal ini dapat menjaga kapasitas battery health tetap optimal.

Mengaktifkan Optimized Battery Charging di iPhone

  1. Buka Settings.
  2. Swipe ke bawah hingga menemukan opsi Battery.
  3. Tap opsi Battery Health.
  4. Tap (on) pada opsi Optimized Battery Charging.

Kamu mungkin akan mendapati status yang bertuliskan “Peak Performance Capability“, dimana mengindikasikan bahwa iPhone yang kamu miliki masih memiliki performa yang optimal, sehingga tidak perlu khawatir mengalami kendala seperti battery throttling.

Jika kamu mendapati status “Your battery’s health is significantly degraded“, itu artinya kamu mungkin perlu mengganti baterai dengan yang baru.

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.