Parallels Desktop Akan Bisa Jalankan Windows di Mac M1

Apple memang belum merilis fitur Boot Camp di komputer Mac dan MacBook dengan chip Apple M1. Salah satunya adalah Windows yang tidak bisa berjalan di chip Apple silicon berbasis ARM tersebut.

Sudah tentu Windows yang biasa kita kenal tak bisa berjalan di komputer Mac dengan chip M1 karena Windows yang dijual di pasaran adalah software berbasis x86.

Sementara itu, chip Apple M1 adalah chip berbasis ARM. Harusnya hanya Windows for ARM saja yang bisa berjalan di Apple M1. Hanya saja, Microsoft masih belum menjual lisensi Windows for ARM ini ke publik, namun sejauh ini hanya dilisensikan ke OEM.

Dilansir dari MacRumors, Windows for ARM ternyata bisa berjalan dengan lancar di Mac dengan chip M1. Developer Alexander Graf adalah salah satu yang pertama kali mempublikasikan hal ini.

Dengan menggunakan perangkat lunak open-source QEMU virtualizer, Graf berhasil membuat virtualisasi Windows for ARM ke Mac dengan chip Apple M1. Hasilnya ternyata sungguh bagus. 

Meskipun ini hanyalah sebuah percobaan dari pihak ketiga yang independen, hasilnya sungguh di luar dugaan. Setidaknya ini membuktikan bahwa Mac dengan M1 bisa menjalankan Windows for Arm.

Sebelumnya, Apple melalui Craig Federighi juga sudah mengatakan bahwa Mac dengan chip Apple M1 bisa menjalankan Windows, tapi itu terserah Microsoft mau melisensikannya atau tidak.

Kira-kira kapan ya Microsoft memberikan lisensi Windows for ARM ke Mac dengan chip Apple M1 secara resmi?

via MacRumors

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.