Windows 10X Bisa Dijalankan dengan Lancar di MacBook

Seperti yang kita ketahui, Mac bisa install Windows secara native menggunakan Boot Camp. Namun fitur ini hilang di Mac dengan chip Apple silicon berbasis ARM pertama dirilis, yakni Apple M1.

Meskipun begitu, bukan berarti Windows tidak bisa diinstall di Mac dengan chip M1. Dilansir dari MacRumors, sebenarnya hal ini tergantung dari Microsoft itu sendiri.

Windows adalah sistem operasi dekstop yang penggunaannya perlu menggunakan lisensi. Nah masalahnya, Windows yang berjalan di sistem ARM masih belum dilepas lisensinya ke komputer Mac. 

Craig Federighi, Software Engineering Chief Apple mengatakan bahwa Mac dengan chip M1 sudah punya semua teknologi yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows on ARM.

Menurutnya, masalah utamanya adalah Microsoft. Apakah Microsoft mau memberikan lisensi Windows on ARM untuk dijalankan di Mac atau tidak? Jika tidak, maka (secara teori) tak akan ada Mac yang bisa menjalankan Windows secara native.

Satu-satunya harapan adalah software virtualisasi seperti Parallels Desktop dan VMWare bisa bekerja dengan baik dalam menjalankan Windows via mesin virtual di Mac dengan chip Apple M1.

via MacRumors

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.