Parallels 16 Kini Mendukung Penuh macOS Big Sur

Mac dengan chip Apple M1 memang berbeda dari prosesor Intel. Bukan cuma merek prosesornya saja, tetapi juga arsitektur dan instruction set yang benar-benar berbeda.

Prosesor Intel yang selama ini digunakan di Mac berbasis x86, sementara itu chip Apple M1 berbasis ARM. Meskipun chip M1 punya performa yang luar biasa, namun salah satu kekurangan dari Apple M1 ini adalah belum bisa menjalankan Windows.

Menjalankan Windows di Mac bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan cara virtualisasi seperti menggunakan VirtualBox atau Parallels Desktop. Kedua adalah benar-benar menginstal Windows secara native menggunakan Boot Camp.

Nah, kedua cara tersebut sama-sama belum bisa dilakukan di Mac dengan chip M1 saat ini. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan di masa depan. Setidaknya itulah yang sedang dilakukan oleh tim pengembang Parallels Desktop.

Dilansir dari LaptopMag, Parallels Desktop akan bisa menjalankan Windows di Mac dengan chip Apple M1. Nick Dobrovolskiy, Senior Vice President dari Parallels mengatakan bahwa mereka sedang berusaha keras untuk mengoptimasi virtualisasi Windows di chip Apple M1. Jika berhasil, maka Parallels Desktop adalah software pertama yang bisa membantu menjalankan Windows di Mac dengan chip Apple M1. 

Apple sendiri masih belum memberikan dukungan menjalankan Windows dengan Boot Camp. Hal ini karena Microsoft juga belum merilis Windows 10 ARM ke konsumen secara umum. Windows 10 ARM sudah langsung tersedia di PC atau laptop dengan prosesor berbasis ARM.

via LaptopMag

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.