Awas! Mac dengan M1 Tidak Mendukung eGPU

Komputer mahal biasanya dilengkapi dengan spesifikasi tinggi yang mendukung pekerjaan yang membutuhkan daya komputasi yang sangat tinggi. iMac Pro adalah salah satu komputer mahal yang dilengkapi dengan spesifikasi kelas atas.

MacBook Pro adalah salah satu laptop Apple yang juga ditujukan untuk para pengguna yang butuh daya komputasi tinggi. Hanya saja, bahwa performa MacBook Pro tak pernah bisa lebih tinggi dari iMac Pro.

Namun kini Apple resmi memperkenalkan MacBook Pro dengan Apple M1. Chip ini adalah chip pertama buatan Apple berbasis ARM untuk Mac yang memang ditujukan untuk menggantikan prosesor Intel di semua lini komputer Mac.

Dilansir dari MacRumors, ternyata MacBook Pro dengan chip Apple M1 bisa lebih cepat dari iMac Pro dalam beberapa pekerjaan tertentu yang sama-sama membutuhkan daya komputasi yang tinggi.

Pekerjaan yang dimaksud adalah yang berhubungan dengan editing video. Mulai dari impor, edit, hingga ekspor video. Berikut ini adalah pengujian ekspor video antara iMac Pro dan MacBook Pro dengan M1:

Ekspor H.264 Sony 10 bit 422 footage:

  • 11 menit dan 30 detik di iMac Pro with Vega 56 dan 128GB RAM.
  • 10 menit dan 20 detik di MacBook Pro M1 dengan 8GB RAM.

30 detik H.265 canon 10-bit 422 footage 100fps

  • 80 detik di iMac Pro
  • 45 detik di MacBook Pro M1

10bit 422 canon h265 8k ipb footage.

  • 2 menit dan and 47 detik di iMac Pro
  • 62 detik di MacBook Pro

Sekadar informasi, iMac Pro yang digunakan dalam pengujian tersebut menggunakan Intel Xeon, kartu grafis Vega 56 dan memori 128GB RAM. Sementara itu MacBook Pro yang digunakan punya spesifikasi chip Apple M1 dan memori 8GB RAM. Hasil di atas termasuk sangat mencengangkan.

iMac Pro yang digunakan tersebut harganya bisa mencapai Rp 70 jutaan. Sementara itu, MacBook Pro dengan M1 yang digunakan tersebut harganya hanya mencapai sekitar Rp 20 jutaan saja.

Bagaimana menurutmu?

via MacRumors

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.