Gantikan Prosesor Intel, Apple Perkenalkan Chip M1 Untuk Mac

Apple M1 adalah SoC (System on Chip) yang terdiri dari beragam komponen di dalam satu chip. Mulai dari CPU, GPU, memori, dan lain sebagainya. SoC seperti ini sangat umum digunakan di dalam perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Namun Apple akhirnya mengembangkan Apple M1, chip pertama dari Apple untuk komputer Mac. Apple M1 adalah awal dari transisi Mac dari prosesor Intel ke chip Apple silicon.

Satu per satu kabar baik mengenai chip Apple M1 mulai bertebaran. Mulai dari performa Apple M1 yang lebih kencang dari Intel Core i9, MacBook Air dengan chip M1 lebih kencang dari MacBook Pro 16 inch, dan lain sebagainya.

Kini muncul kabar bagus lagi seputar Apple M1 yang mungkin bisa bikin kamu pengen beli Mac dengan chip Apple M1. Dilansir dari MacRumors, kemampuan grafis pada Apple M1 bisa mengalahkan GeForce GTX 1050 Ti dan Radeon RX 560.

Apple mengklaim bahwa throughput Apple M1 bisa mencapai 2.6 Teraflops. Radeon RX 560 juga punya throughput sebesar 2.6 Teraflops, dan GTX 1650 sebesar 2.9 Teraflops.

Ketiga chip tersebut diuji dengan menggunakan GFXBench 5.0 benchmark dan menggunakan Metal API dari Apple, dan hasilnya Apple M1 mampu unggul dari kedua kartu grafis tersebut di semua pengujian.

Kamu bisa lihat hasil lengkapnya di situs MacRumors.

Meskipun GTX 1050 Ti dan Radeon RX 560 adalah kartu grafis keluaran beberapa tahun yang lalu, namun perlu diingat bahwa kedua kartu grafis ini adalah kartu grafis diskrit atau dedicated GPU. Berbeda dengan Apple M1 yang merupakan integrated chip. Performa Apple M1 terbilang sangat bagus.

Bagaimana menurutmu?

via MacRumors

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.