Home Mac Solusi Printer Tidak Terdeteksi di Mac OS X

Solusi Printer Tidak Terdeteksi di Mac OS X

Solusi Printer Tidak Terdeteksi di Mac OS X

Meskipun OS X kadang dikenal sebagai sistem operasi yang lambat perkembangannya dan sudah ketinggalan dengan Windows, namun OS X dikenal pula sebagai sistem operasi yang serba praktis. Segala perangkat lunak untuk keperluan dasar sudah tersedia seperti olah dokumen, presentasi, dan lain-lain. Selain itu , OS X juga dikenal sangat aman dari serangan virus. Sebenarnya bukan murni aman sih, tapi karena pembuat virus sangat malas membuat virus untuk OS X hehehe.

Yang saya suka dengan OS X adalah segala sesuatu langsung berjalan ketika dicolokkan. Mulai dari flashdisk, printer, scanner, dan lain sebagainya. Tidak ada lagi acara install driver secara manual. Colok flashdisk tidak ada lagi acara install driver. Apalagi jika driver flashdisk tersebut gagal diinstall dan harus mengulang dari awal pemasangannya. Begitu juga dengan printer, sekali colok langsung jalan.

Ketika pertama kali membeli printer, tentu saja disertakan dengan CD/DVD di dalam paket penjualannya. Di dalamnya berisi banyak hal, seperti driver, perangkat lunak tambahan, buku manual PDF, dan lain-lain. Yang saya takutkan terjadi. Tidak ada driver untuk OS X di paket DVD printer saya.

Ketika saya coba mencolokkan printer ke MacBook, tidak ada sama sekali proses instalasi driver ataupun sesatu hal yang berhubungan dengan printer. Saya semakin was-was. Namun ketika saya menekan perintah cetak di Microsoft Word, secara ajaib pengaturan printer sudah terdeteksi ada di sana. Bukan cuma printer saja, namun lengkap beserta tool untuk maintenance dan pengaturan lainnya tanpa harus menginstall apapun dari DVD maupun internet.

Jika kamu mempunyai printer, khususnya printer tua, dan masih tidak bisa dideteksi oleh OS X, kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut:

Pastikan Printer Memang Masih Berfungsi dan Sudah Dinyalakan

Tidak perlu dipertanyakan lagi. Kamu harus bisa memastikan bahwa printer kamu memang masih berfungsi. Percuma dong kalo printer rusak tapi dicolokkan ya pasti gak bisa. Selain itu, pastikan juga printer dalam keadaan menyala. Jika kedua hal ini sudah bisa kamu pastikan, maka kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Pastikan Sambungan Tidak Ada Masalah

Kamu juga harus bisa memastikan bahwa kualitas sambungan printer kamu baik, misalnya saja kabel penghubung masih berfungsi dengan benar, ditancapkan dengan benar, dan lain-lain. Untuk lebih tepatnya, cobalah di komputer yang memang sudah bisa menggunakan printer tersebut dan cek apakah sambungannya berfungsi dengan normal. Jika sudah pasti tak ada masalah di sambungannya, maka kamu bisa lanjut kelangkah berikutnya.

Coba Tambah Secara Manual

Solusi Printer Tidak Terdeteksi di Mac OS X

Jika masih tidak terdeteksi, kamu bisa menambahkan printer tersebut secara manual. Kamu harus membuka Preferensi Sistem – Pemindai dan Pencetak. Menambah secara manual bisa saja memperbaiki masalahmu. Masih tidak bisa? Coba cek langkah selanjutnya.

Pastikan Semua Perangkat Lunak Sudah Diperbarui

OS X dan beragam perangkat lunak yang ada di Mac kamu sudah diperbarui ke versi terbaru. Dengan menjalankan versi terbaru, siapa tahu sudah ada driver terpasang di OS X dan siap digunakan. Pastikan juga tidak ada lagi aplikasi lain yang belum diperbarui. Perbarui semuanya meskipun mungkin tidak ada hubungannya dengan printer. Buka App Store dan masuk ke tab Pembaruan.

Cek Situs Dukungan Printer

Jika kamu sudah memperbarui semuanya namun masih tidak terdeteksi juga, coba buka situs web dukungan dari pabrikan atau produsen printer milikmu. Misanya saja printermu adalah Canon IP2770, maka kamu harus mencari dukungan perangkat lunaknya untuk OS X. Jika memang tersedia driver, tidak ada salahnya dicoba untuk diunduh.

Masih Tidak Bisa?

Jika kamu masih tidak bisa menyelesaikan masalahmu, mungkin kamu harus langsung membuka halaman dukungan Apple untuk masalah printer dan scanner. Kamu bisa melihatnya di halaman ini -> OS X: Perangkat lunak pencetak dan pemindai tersedia untuk diunduh

Bagaimana? Masih ada masalah? Tuliskan di kolom komentar

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong