Jumlah Malware di Mac Kini Lebih Banyak dari Windows?

Apple memang terkenal sebagai salah satu perusahaan yang menjunjungi tinggi keamanan. Salah satunya adalah memastikan setiap aplikasi yang masuk ke App Store bebas dari malware atau program jahat.

Namun tak menutup kemungkinan sistem keamanan Apple meloloskan aplikasi yang mengandung program jahat ke App Store. Kali ini Apple kembali kecolongan dan mengizinkan malware berjalan di macOS.

Jenis malware yang masuk ke dalam sistem operasi macOS tersebut bernama Shlayer. Keberadaan program jahat ini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan, Patrick Wardle.

Menurutnya, malware tersebut menyamar sebagai sebuah paket pembaruan yang datang untuk aplikasi Adobe Flash Player. Apple biasanya melakukan verifikasi dan pemindaian. Dalam proses tersebut, setiap aplikasi akan dipindai apakah mengandung masalah keamanan atau tidak.

Shlayer merupakan file trojan yang mampu menginfeksi perangkat dengan menyebarluaskan adware pada sistem. Untungnya Patrick Wardle langsung menghubungi Apple.

Semoga Apple segera bisa memperbaiki masalah ini agar program jahat ini tidak menginfeksi macOS.

via Wired

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.