SoftBank Siap Jual Arm Holdings, Apple Akan Beli?

Arm Holdings adalah perusahaan yang merancang dan melisensikan arsitektur ARM (Advanced RISC Machine). Apple menggunakan lisensi dari Arm Holdings ini untuk membuat Apple A-Series di iPhone, iPad, iPod Touch, Apple TV dan Apple Watch.

Kini Apple sudah mengumumkan akan melakukan transisi dari prosesor Intel ke Apple silicon berbasis ARM. Apple diprediksi akan sukses dengan Apple silicon dan bisa membuat pasar PC desktop pelan-pelan meninggalkan Intel dan beralih ke prosesor berbasis ARM.

Prosesor berbasis ARM punya kelebihan hemat daya namun punya performa yang mumpuni. Hanya masalah waktu saja sampai proseosr berbasis ARM, khususnya buatan Apple punya performa lebih tinggi dari Intel sembari lebih hemat daya pula.

Kini SoftBank malah diisukan akan menjual Arm Holdings ke pihak lain. Prediksi langsung mengarah ke Apple. Apakah Apple akan membeli Arm Holdings dari SoftBank?

Dilansir dari MacRumors, Apple sepertinya tak terlalu tertarik untuk membeli Arm Holdings. Selain karena dianggap tidak terlalu menguntungkan, juga karena Apple khawatir akan kecurigaan praktik monopoli yang bisa membuat Apple berada dalam masalah.

Lagipula, harga lisensi rancangan chip yang harus dibayar Apple ke Arm Holdings juga terbilang murah. Apple bukan satu-satunya pelanggan Arm Holdings. Qualcomm yang merancang Snapdragon juga chip berbasis ARM.

via MacRumors

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.