4 Kelebihan Thunderbolt 4 yang Perlu Kamu Tahu

Intel baru saja mengumumkan teknologi terbaru dari Thunderbolt, yaitu Thunderbolt 4. Sebagai sebuah teknologi baru, tentu saja kita bisa berharap beragam update baru dan juga kehadiran fitur baru yang menarik.

Teknologi ini akan hadir pada akhir tahun 2020 mendatang. Diharapkan berbagai produsen komputer untuk segera mengadopsi terknologi baru ini, termasuk Apple yang diharapkan segera merilis Mac baru dengan Thunderbolt 4.

Lalu apa saja kelebihan Thunderbolt 4 ini? Berikut ini adalah 4 kelebihan dan fitur baru Thunderbolt 4:

Transfer Data Hingga 40Gbps

Kelebihan pertama yang perlu kamu tahu adalah peningkatan kecepatan transfer data hingga 40Gbps. Peningkatan kecepatan ini sebenarnya tak terlalu signifikan, mengingat Thunderbolt 3 juga ‘katanya’ bisa mendukung transfer data hingga 40Gbps.

Namun Thunderbolt 4 diklaim lebih cepat dan stabil. Dengan adanya dukungan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, tentu saja kita bisa berharap berbagai proses transfer data menjadi lebih cepat.

Kompatibel Dengan Port Thunderbolt 3 dan USB-C

Kamu tak perlu khawatir dengan berbagai aksesoris yang menggunakan port Thunderbolt 3 atau USB-C karena Thunderbolt 4 sama-sama menggunakan standar port USB-C.

Itu artinya, pengguna yang sudah punya aksesoris Thunderbolt 3 dan USB-C tak perlu lagi membeli konverter atau adapter tambahan untuk bisa tersambung ke Thunderbolt 4.

Mendukung 8K Display dan PCIe Hingga 32Gbps

Standar Thunderbolt 4 ternyata mendukung video dan data requirement hingga dua kali lipat dari Thunderbolt 3. Itu artinya, Thunderbolt 4 mendukung hingga dua 4K display atau satu 8K display.

Tak cuma itu, dukungan PCIe juga mendapatkan peningkatan jika dibandingkan dengan Thunderbol 3. Thunderbolt 4 mendukung PICe 32Gbps untuk penyimpanan data mencapai 3000MBps.

Mendukung Dock Dengan Empat Thunderbolt 4

Thunderbolt 4 akhirnya mendukung aksesoris berupa Dock yang bisa menawarkan tambahan port Thunderbolt 4 hingga empat port. Tentu saja fitur baru ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang butuh lebih banyak port Thunderbolt 4.

Bagaimana? Dari semua kelebihan dan fitur baru Thunderbolt 4 tersebut, mana yang menjadi favorit kamu?

via Engadget

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.