Ternyata macOS Big Sur Adalah Versi macOS 11

Apple terlihat ingin sekali menyatukan bahasa desain dari semua platform yang ada. Di macOS Big Sur kali ini, Apple sedang mencoba untuk menyatukan design language dari iOS, iPadOS, dan macOS.

Salah satu yang menjadi ‘korban’ adalah macOS. Ya, macOS Big Sur kini punya tampilan yang semakin mirip dengan iOS saja. Bahkan ikon-ikon yang ada juga dibuat mirip, dengan desain yang lebih kotak dan membulat di tepiannya.

Namun tak semua menyukainya. Ada beberapa yang kurang suka karena dianggap menghilangkan elemen macOS yang sudah ada. Identitas macOS sebagai sistem operasi desktop juga dianggap mulai memudar.

Namun menurut Michael Flarup, desainer Apply Pixels mengatakan bahwa Apple sedang memopulerkan ‘Neumorphism’. Ini sebenarnya bukan ide baru, namun Apple mengatakan bahwa ide ini dibangkitkan lagi oleh Apple dengan cara yang ekspresif dan menyenangkan.

Peralihan ke Neumorphism sebenarnya sudah pelan-pelan dilakukan oleh Apple. Salah satu contohnya adalah ikon Segmented Control di iOS 13 yang sudah berubah menjadi lebih ‘timbul’, tidak lagi datar dan rata seperti iOS 12. Kini di iOS 14 dan macOS Big Sur, Apple mulai terlihat akan membangkitkan tren Neumorphism.

via 9to5mac

  700 Ribuan! HP Murah 4G untuk Sekolah Online 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.