Codec H.266/VVC Resmi Dirilis, Kapan Hadir ke iOS?

Setelah penelitian selama beberapa tahun terakhir ini, akhirnya Fraunhofer Heinrich Hertz Institute mengumumkan bahwa mereka secara resmi merilis codec H.266/Versatile Video Coding (VVC).

H.266/Versatile Video Coding (VVC) adalah penerus dari codec H.265 HEVC, yang mana sudah didukung oleh beragam produk Apple saat ini. Pertanyaannya, kapan H.266/Versatile Video Coding (VVC) akan dirilis dukungannya ke produk Apple, khususnya iOS?

H.265 HEVC sejauh ini sudah sangat sukses diimplementasikan di produk iOS, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch. Bahkan codec tersebut menjadi codec default di aplikasi kamera bawaan iOS untuk merekam video.

Jika melihat pengalaman H.265 HEVC kemarin, Apple termasuk cukup cepat dalam mengimplementasikan codec ini. Bisa jadi Apple juga tak akan lama dalam mengimplementasikan H.266/Versatile Video Coding (VVC) ini.

Menurut Fraunhofer HHI, H.265 bisa mereka 90 menit video 4K UHD dengan ukuran 10GB. Sementara itu, H.266 VVC mampu merekam video yang sama sebesar 5GB.

H.266/Versatile Video Coding (VVC) memang dirancang untuk bisa menyimpan dan mengalirkan (stream) video dengan resolusi 4K hingga 8K. Efisiensi dalam penyimpanan menjadi fokus utamanya.

via 9to5mac

  Redmi 9A Indonesia: Kenapa Bisa Murah..??  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.