Mac Mini dengan A12Z Lebih Cepat dari Surface Pro X

Apple resmi merilis Universal App Quick Start Program. Program ini dirancang untuk memberikan tool, sumber daya, dan dukungan untuk para pengembang aplikasi dan perangkat lunak macOS untuk bisa menulis ulang programnya ke kode native Apple silicon berbasis ARM.

Salah satu tool penting di program ini adalah Developer Transition Kit berupa Mac Mini dengan prosesor Apple A12Z Bionic. Chip ini adalah chip berbasis ARM yang sama dengan yang digunakan di iPad Pro terbaru.

Sudah muncul skor benchmark dari Mac Mini dengan Apple A12Z Bionic ini. Skor benchmarknya terbilang lumayan bagus, mengingat Apple A12Z ini masih berbasis pada teknologi dua tahun yang lalu dan masih menggunakan macOS Big Sur Beta 1.

Meskipun masih produk uji coba yang belum stabil, tetapi performa Mac Mini dengan Apple A12Z ini terbilang sedikit lebih cepat dari Surface Pro X. Padahal Surface Pro X adalah produk matang, dalam artian benar-benar sudah dirilis ke pasaran.

Uniknya lagi, performa Apple A12Z tersebut adalah performa dalam teknologi Rosetta 2. Rosetta 2 adalah teknologi emulasi yang mampu menjalankan perangkat lunak berbasis Intel di Apple silicon berbasis ARM.

Sementara itu, teknologi yang digunakan di Microsoft Surface Pro X adalah teknologi native yang secara teori harusnya lebih cepat ketimbang perangkat lunak yang berjalan pada teknologi emulasi. Tak heran banyak para pengembang yang tercengang dengan fakta ini.

Kira-kira nanti seperti apa ya kinerja Mac pertama dengan Apple silicon berbasis ARM yang resmi dirilis di pasaran?

via MacRumors

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.