Apple Umumkan Transisi dari Chip Intel ke Apple Sillicon di Mac

Rumor mengenai Apple yang akan membuang prosesor Intel di Mac dan menggantinya dengan chip buatan sendiri berbasis ARM akhirnya menjadi kenyataan. Hal ini sudah resmi terjawab di WWDC20 kemarin.

Alasan utama Apple ingin melakukan hal ini adalah karena Apple ingin fokus berinovasi dengan bebas tanpa tergantung dengan pihak lain. Seperti yang kita ketahui, Intel memang dianggap sudah tak bisa mengimbangi inovasi dari Apple.

Satu-satunya hal yang bisa dilakukan tentu saja adalah dengan merancang chip Apple sendiri. Seperti yang dilakukan di produk iPhone dan iPad, Apple sangat terkenal mampu membuat produk dengan performa terbaik.

Alasan lain adalah karena chip berbasis ARM punya efisiensi yang lebih baik ketimbang chip buatan Intel saat ini. Apple dengan tegas ingin membuat komputer dengan performa setinggi mungkin dengan konsumsi daya serendah mungkin.

Di WWDC20 kemarin, Apple menunjukkan komputer Mac yang menjalankan prosesor Apple A12Z, chip prosesor yang sama dengan yang digunakan di iPad Pro terbaru.

Sekilas memang performa dari Mac dengan chip Apple A12Z ini cukup memuaskan. Apple menunjukkan kemampuan Mac untuk membuka dokumen Microsoft Word, Excel, hingga editing foto dengan menggunakan Photoshop dan Lightroom.

Uniknya Apple hanya menyebut chip prosesor buatan sendiri ini dengan nama Apple Silicon. Mungkin karena Apple belum memikirkan nama yang terbaik untuk chip ini, dan masih menggunakan chip A12Z yang sama dengan iPad Pro.

via Apple Newsroom

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.