Home iPhone Mengapa iPhone Tidak Memiliki Kartu Memori?

Mengapa iPhone Tidak Memiliki Kartu Memori?

Ini Yang Tidak Saya Sukai Dari iPhone

Mungkin kamu pernah berpikir mengapa sebuah iPhone maupun produk iOS lainnya dari dulu tidak mendukung penyimpanan eksternal. Kamu mungkin tidak percaya awalnya, namun seperti itulah yang terjadi. Apple sejak dulu kala sudah tidak mau menyematkan kartu memori di produk iOS miliknya. Sebagai konsekuensi, kamu hanya bisa mengandalkan memori internal saja.

Nah apakah kamu pernah berpikir mengapa Apple tidak mau menyematkan fitur penyimpanan eksternal ke semua perangkat iOS. Sebenarnya Apple bisa saja beralasan bahwa penggunaan memori eksternal di masa depan sudah tidak akan populer lagi. Namun kenyataannya ada beberapa alasan yang masuk akal mengapa Apple tidak menyematkan fitur penyimpanan eksternal ke iOS.

Kartu Memori Bikin Lambat

Masih ingat pas jaman Symbian dulu? Semakin besar kapasitas memori eksternal yang kamu tanamkan, maka performa Symbian akan menurun. Apalagi saat kapasitas sudah hampir penuh. Hal ini juga secara teori terjadi pada semua smartphone yang menggunakan kartu memori. Namun karena prosesor yang ada saat ini cukup cepat, penurunan juga tidak terlalu terasa. Namun saat kapasitas hampir penuh, ditambah lagi jika sering menginstall aplikasi ke kartu memori, akan semakin terasa penurunan kinerjanya.

Mengapa iPhone Tidak Memiliki Kartu Memori?

Oleh karena itulah, Apple memilih untuk tidak memberikan fasilitas kartu memori. Sebagai gantinya, iPhone meningkatkan kapasitas memori internal menjadi 16GB. Suatu kapasitas yang dulu sudah lebih dari cukup, namun saat ini sudah termasuk sedikit. Karena memori internal bekerja terintegrasi dengan sistem, maka semakin besar memori internal justru akan semakin bagus, berbeda dengan memori eksternal jika semakin besar maka akan semakin lambat.

Mencegah Pembajakan

Penggunaan memori eksternal, bagaimanapun juga, akan membuka celah untuk melakukan pembajakan. Meskipun kartu memori mungkin hanya didesain untuk hanya bisa menyimpan foto dan video saja dari kamera, tetap saja tidak ada yang tidak mungkin. Para cracker bisa menggunakan beragam cara untuk mendapatkan apapun yang mereka inginkan. Hal ini tentu saja Apple tidak ingin hal ini terjadi.

AirDrop Dan iCloud Photo Library

Dengan tidak adanya kartu memori, foto tidak bisa dipindahkan dari iOS ke komputer atau Mac menggunakan kartu memori. Mungkin ini sebagai upaya untuk lebih mempopulerkan transfer data menggunakan AirDrop. AirDrop memang secara teori menawarkan sambungan yang lebih aman dan lebih cepat, namun hanya bekerja di produk Apple saja. Kamu tidak akan bisa menggunakan AirDrop untuk mengirim ke komputer non Apple.

Mengapa iPhone Tidak Memiliki Kartu Memori?

Bagaimana jika kamu tidak punya komputer Apple? Kamu bisa menggunakan iCloud Photo Library alias Perpustakaan Foto iCloud. Fitur ini adalah fitur yang mengumpulkan semua foto yang diambil oleh perangkat iOS (dan perangkat apapun) lalu disinkronisasikan ke iCloud. Kamu bisa mengakses foto tersebut ke iCloud Photo Library di semua perangkat.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong