Cara Membuat Akun Apple Developer dengan Mudah

Membuat aplikasi iOS memang terbilang mudah. Pengguna cukup menggunakan download Xcode secara gratis dan membuat akun Apple Developer gratis dengan jenis akun personal. Namun jika ingin mendistribusikan aplikasi iOS ke App Store harus membuat akun Apple Developer yang berbayar.

Mendaftar ke program Apple Developer adalah satu-satunya cara agar para pengembang aplikasi iOS dan macOS bisa mengupload aplikasi ke App Store. Hal ini karena Apple hanya memperbolehkan distribusi aplikasi iOS dan macOS ke App Store saja.

Berlangganan Apple Developer Program sebenarnya sangat mudah. Hanya saja pengguna biasanya cukup enggan melakukannya karena harga langganan yang terbilang mahal. Harganya $99 per tahun. Tak seperti mendaftar akun Google Play Store yang terbilang lebih murah dan berlaku selamanya.

Buat kamu yang ingin membuat akun Apple Developer berbayar, kamu bisa ikuti tutorial berikut ini.

  1. Buka halaman Apple Developer dan login menggunakan Apple ID milikmu. Kamu bisa buka di link ini.
  2. Buka halaman Apple Developer Program Enrollment. Kamu bisa buka halaman tersebut di sini.
  3. Pastikan kamu sudah membaca persyaratan yang diminta. Artikel ini hanya untuk pendaftaran akun Individual, yang dibutuhkan hanya kartu debit/kredit (wajib) dan kartu identitas (hanya jika pihak Apple minta) seperti KTP/SIM/Paspor.
    Cara Membuat Akun Apple Developer dengan Mudah
  4. Masukkan semua informasi yang diminta, seperti nama lengkap, alamat, no. telepon, dan pastinya kartu debit/kartu kredit kamu. Pastikan semuanya lengkap dan benar.
  5. Jika sudah, maka proses order akan segera diproses.
    Cara Membuat Akun Apple Developer dengan Mudah
  6. Uniknya di sini adalah Apple tidak langsung memproses dan langsung membayar, tetapi harus diverifikasi dulu oleh Apple. Jadi kamu tak perlu khawatir bakal langsung ditagih.
  7. Kadang pihak Apple minta kita upload kartu identitas untuk proses verifikasi.
  8. Jika order disetujui, maka tagihan akan langsung masuk ke kartu kredit atau debit kamu dan mendapatkan email bahwa pendaftaran Apple Developer Program sudah berhasil.
    Cara Membuat Akun Apple Developer dengan Mudah
  9. Sekarang kamu sudah bisa upload aplikasi ke App Store dan menikmati semua benefit yang lebih baik ketimbang akun Apple Developer gratis pada umumnya.

Untuk pembayaran dengan kartu debit sendiri memang belum tentu menerima semua Bank, khususnya kartu debit dari Bank yang ada di Indonesia. Tanyakan pada pihak Bank yang kamu gunakan apakah kartu debit bisa digunakan untuk transaksi online. Untuk lebih pastinya memang harus menggunakan kartu kredit.

Bagaimana? Mudah kan mendaftar Apple Developer Program untuk upload aplikasi iOS ke App Store?

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.