Jumlah Malware di Mac Kini Lebih Banyak dari Windows?

Malware adalah program jahat yang bisa menyerang dan menginfeksi sebuah sistem komputer. Ada banyak jenis program jahat, mulai dari virus, worm, trojan horse, dan lain sebagainya.

Perangkat Mac dengan sistem operasi MacOS memang cukup sering dianggap lebih aman dari sistem operasi Windows. Namun, laporan terbaru dari firma keamanan Malwarebytes menunjukkan hal sebaliknya.

Malwarebytes mengatakan bahwa untuk pertama kalinya jumlah malware Mac lebih banyak dari Windows dengan perbandingan antara ancaman malware di perangkat Mac dan Windows adalah 2:1.

Salah satu penyebab mengapa sekarang semakin banyak malware yang menyerang Mac adalah karena pengguna Mac saat ini sudah semakin banyak.

Untungnya jenis malware yang paling sering ditemukan pada Mac adalah Adware dan Potentially Unwanted Program (PUP) atau program yang tidak diinginkan.

Tentu saja malware jenis Adware dan PUP tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan virus, worm, dan lain sebagainya. Di Windows, ancaman sangat beragam, mulai dari virus, worm, spyware, hingga cryptominer.

via Apple Insider

  5 Gadget Favorit Bulan Ini, Mulai dari 290 Ribuan!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.