Seperti yang kita ketahui, Apple saat ini sudah beralih ke teknologi Thunderbolt untuk semua produk Mac dan MacBook terbarunya. Saat ini standar teknologi Thunderbolt terbaru adalah Thunderbolt 3, dengan port yang mengadopsi standar USB-C.

Kini Intel selaku pengembang teknologi Thunderbolt resmi memperkenalkan teknologi Thunderbolt 4. Teknologi ini tentu saja lebih baik ketimbang Thunderbolt 3, khususnya untuk urusan kecepatan transfer data.

Thunderbolt 4 diklaim punya kecepatan transfer empat kali lipat dari USB 3 saat ini. Itu artinya, Thunderbolt 4 kira-kira akan mampu melakukan transfer data sebesar 80 Gbps atau dua kali lipat Thunderbolt 3.

Thunderbolt 4 bisa saja merupakan nama lain proyek USB 4.0 yang saat ini tengah dikerjakan Intel. Intel mengumumkan teknologi ini akan hadir bersama dengan Intel Core generasi 10 Tiger Lake.

Sebelumnya, Intel ditengarai sedang mempersiapkan teknologi USB 4 yang akan memiliki spesifikasi kecepatan transfer data hingga 40 GB per detik dan mampu hantarkan listrik hingga 100 W.

Apple memang menjadi salah satu yang terdepan dalam mengimplementasikan Thunderbolt. Bisa jadi tidak lama lagi kita akan segera melihat Mac dengan Thunderbolt 4, dan dibekali dengan prosesor Intel terbaru.

via 9to5mac

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.