Cara Cek Serial Number Mac dan MacBook dengan Mudah

Serial Number adalah nomor seri unik yang mengidentifikasikan setiap produk Apple. Dengan demikian, setiap produk bisa diidentifikasikan dengan mudah, misalnya saja untuk kebutuhan pengecekan dan klaim garansi.

Apple tentu punya format khusus untuk melabeli setiap produknya dengan nomor seri atau Serial Number. Dilansir dari MacRumors, Apple kabarnya akan mengubah format Serial Number yang dipakai di berbagai produknya mulai tengah tahun 2020 ini.

Perubahan yang dilakukan oleh Apple adalah menggunakan kode berupa angka dan huruf atau alphanumeric. Kode ini tentu saja terbilang lebih acak daripada sebelumnya.

Dalam catatan tersebut juga diketahui bahwa setiap produk yang dibuat sebelum aturan baru masih akan menggunakan standar kode Serial Number yang lawas.

Apple memang sudah pernah menggunakan kode alphanumeric untuk Serial Number. Hanya saja kode alphanumeric yang dipakai selama ini masih bisa dianalisa untuk mengidentifikasi tahun pembuatan, kode jenis produk dan lain sebagainya.

Jika benar Apple mengubah Serial Number dengan kode angka dan huruf dengan format baru, maka mengidentifikasi Serial Number oleh pihak ketiga akan semakin sulit.

via MacRumors

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.