Inilah Alasan Pro Display XDR Mahal dan Tak Punya Speaker dan Kamera

Apple pernah masuk ke pasar layar monitor eksternal untuk komputer beberapa tahun yang lalu. Apple menjual Apple Cinema Display hingga Apple Thunderbolt Display untuk terakhir kalinya pada tahun 2016 yang lalu.

Produk layar Apple Thunderbolt Display sebenarnya termasuk produk revolusioner. Bagaimana tidak, cukup dengan satu kabel Thunderbolt ke Mac atau MacBook saja kamu sudah bisa mengakses beragam teknologi yang disematkan.

Mulai dari mengakses kamera, speaker, microphone, USB dock, firewire, Thunderbolt, Ethernet, dan tentu saja layar besar berukuran 27 inch. Plus, pengguna MacBook bisa mendapatkan pengisian daya melalui MagSafe.

Kali ini Apple merilis monitor baru yang diberi nama Pro Display XDR. Produk ini jelas jauh lebih canggih dari Apple Thunderbolt Display. Bahkan Pro Display XDR ini bisa dibilang sebagai salah satu layar monitor terbaik di dunia saat ini.

Tak heran jika harganya terbilang sangat mahal. Namun di balik kualitas layar monitor, ternyata Pro Display XDR tak punya kamera dan speaker. Tak seperti Apple Thunderbolt Display ataupun produk pihak ketiga lain seperti LG UltraFine.

Ternyata hal ini karena memang Pro Display XDR tidak menyasar pengguna konsumer seperti kita. Ya, target pasar Pro Display XDR adalah para profesional kelas atas seperti studio film dengan skala besar, studio animasi, editing video, dan lain sebagainya.

Orang-orang seperti ini tak butuh speaker dan kamera tertanam di monitor. Hal ini karena mereka pasti punya aksesoris seperti kamera dan speaker lain yang punya kualitas jauh lebih baik untuk keperluan khusus.

Kamera dan speaker yang tertanam di layar lebih cocok untuk para pengguna konsumer biasa. Apple Thunderbolt Display adalah salah satunya. Hanya saja, produk ini sudah tak lagi diproduksi lagi.

Banyak pengguna yang bilang Pro Display XDR sangat mahal. Hal ini karena pada dasarnya Pro Display XDR tak pernah menyasar pasar consumer. Padahal untuk para studio besar, harga Pro Display XDR sebenarnya tak terlalu mahal-mahal amat. 

via Digital TrendsRedditQuora

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.