Bikin Sendiri Prosesor Mac, Apple Diprediksi Buang Intel di 2020

Perang chip prosesor smartphone memang semakin panas. Baru-baru ini Qualcomm merilis Snapdragon 865 yang punya performa paling tinggi. Hanya saja, chip tersebut masih menggunakan fabrikasi sebesar 7nm.

TSMC, salah satu rekanan Apple dalam merilis prosesor untuk Apple telah memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan, yatiu akan menggunakan proses fabrikasi 5nm pada iPhone 2020 dan 3nm pada 2022.

Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Senior VP TSMC bagian operasional, JK Wang. Wang menyebutkan bahwa TSMC sedang bersiap untuk memproduksi prosesor 5nm pada 2020 dan kemungkinan sudah akan memproduksi chip fabrikasi 3nm pada 2022.

Samsung juga sudah punya rencana yang sama dengan TSMC untuk membuat prosesor 3nm, tetapi jumlah kepadatan transistor yang dimilikinya masih jauh di bawah standar milik TSMC.

Secara teori, semakin kecil fabrikasi chip prosesor maka performa yang dihasilkan akan semakin besar. Saat ini upaya untuk bisa memproduksi chip 5nm adalah sesuatu yang luar biasa. 

Tak bisa dibayangkan seperti apa nanti jadinya jika prosesor menggunakan fabrikasi yang lebih kecil lagi, semisal 3nm. Performa akan semakin kencang.

via Cult of Mac

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.