Qualcomm Siap Pasok Chip 5G Buat iPhone

Sudah bukan hal baru lagi jika teknologi 5G akan menjadi primadona baru di tahun depan. Saat ini di beberapa wilayah sudah mengimplementasikan teknologi 5G dalam jumlah terbatas dan kabarnya siap dirilis ke publik.

Beragam produsen smartphone juga harus mengantisipasinya. Salah satunya adalah Apple. Ya, Apple terbaru yang akan dirilis pada tahun 2020 mendatang juga dikabarkan akan segera mendukung teknologi 5G ini.

Hanya saja, memberikan dukungan teknologi 5G akan membuat biaya produksi iPhone menjadi naik. Tak tanggung-tanggung, biaya produksi bisa naik hingga 35 %. Hal ini karena Apple perlu mendesain ulang beragam komponen di dalamnya.

Analis Ming-Chi Kuo menyebut bahwa Logic Board iPhone 2020 harus mmeiiki ukuran yang lebih besar sekitar 10% untuk bisa mengakomodasi teknologi baru tersebut.

Para rekanan Apple yang menjadi pemasok Logic Board iPhone yaitu Avary, EMC, dan AT&S diprediksi akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena naiknya biaya produksi iPhone terbaru tersebut.

Perancangan ulang untuk komponen koneksi antara antenna dengan modem 5G menjadi penyebab utamanya. Untungnya, meskipun biaya produksi naik tajam namun harga iPhone belum tentu juga akan naik sebesar itu.

Bagaimana menurutmu? Seberapa besar harga jual iPhone terbaru juga akan meningkat?

via Forbes

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.