Project Catalyst, Bukti Apple Masih Peduli Dengan Mac

Salah satu inovasi baru yang dihadirkan Apple tahun ini adalah kemampuan porting aplikasi iPad ke Mac dengan mudah. Fitur ini diberi nama Catalyst dan akan bekerja di macOS dan iPadOS terbaru.

Setelah iPadOS dan macOS Catalina dirilis, sejumlah pengembang yang sudah punya aplikasi iPad mulai mencoba untuk melakukan porting aplikasi buatan mereka ke macOS, dengan harapan aplikasi tersebut bisa digunakan oleh pengguna Mac dan MacBook juga.

Namun ternyata melakukan porting aplikasi iPad ke Mac tak bisa semudah mengeklik tombol. Nyatanya pengembang aplikasi perlu menyesuaikan tampilan aplikasi versi Mac tersebut agar benar-benar nyaman digunakan di Mac.

Seperti yang kita ketahui, meskipun bisa di-porting dengan mudah, namun bukan berarti tampilan aplikasi bisa otomatis menyesuaikan. Terkadang beragam elemen aplikasi perlu dibangun ulang agar sesuai dengan standar tampilan macOS.

Beberapa masalah lain yang timbul adalah beberapa aplikasi tidak bisa menyembunyikan kursor mouse ketika video dalam aplikasi dimainkan, scroll dengan dua jari, kompabilitas keyboard dan mouse untuk kontrol aplikasi, dan masih banyak lagi.

Sangat wajar bila masih ada masalah, mengingat project Catalyst baru saja dirilis ke publik. Semoga saja Apple segera memperbaiki masalah ini.

via MacRumors

  Review vivo S1 Pro — Apa yang Baru..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.