Spesifikasi Standar USB4 Dirilis, Kapan Hadir di Mac?

Apple bisa dibilang sebagai salah satu perusahaan paling awal yang berani menggunakan teknologi baru. Tak jarang ketika Apple menggunakannya, perusahaan lain cepat atau lambat akan mengikutinya.

Salah satu teknologi masa depan yang sedang ramai dibicarakan kali ini adalah teknologi USB4. USB Implementers Forum (USB-IF) akhirnya resmi merilis spesifikasi dan informasi lengkap untuk teknologi USB4.

USB4 mendukung kecepatan transfer data hingga mencapai 40Gbps. USB4 juga dirancang agar mendukung backward compatibility ke USB 3.2, USB 2.0 dan Thunderbolt 3.

USB4 diprediksi akan menjadi solusi dari masalah perbedaan spesifikasi mendasar antara USB 3 dan Thunderbolt 3 yang sudah terjadi selama ini.

Kecepatan transfer data 40Gbps selama ini cuma didukung oleh teknologi Thunderbolt 3 untuk kebutuhan profesional, seperti transmisi data dan power untuk perangkat External GPU dan layar eksternal.

Masih belum jelas kapan Apple akan membawa USB4 ini pertama kali ke Mac. Sejauh ini Apple sudah menggunakan standar Thunderbolt 3 ke semua produk Mac dan MacBook terbaru. Bahkan di seri MacBook, Apple membuang semua port yang ada dan menggantinya dengan port Thunderbolt 3 saja.

via MacRumors

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.