Home iPad Perbedaan Prosesor iPhone dan iPad

Perbedaan Prosesor iPhone dan iPad

Perbedaan Prosesor iPhone dan iPad

Setiap tahun, iPhone dan iPad baru selalu hadir di waktu yang bersamaan. Tidak heran jika keduanya mengusung dapur pacu yang hampir sama pula, termasuk spesifikasi prosesor. Perkembangan iPhone dan iPad menjadi menarik sejak Apple merilis iPhone 5s dan iPad Air yang menandakan awal dari prosesor 64 bit dalam dunia smartphone dan tablet dunia.

Jika kamu selama ini menganggap bawa iPad adalah bentuk jumbo dari iPhone, mungkin saja kamu benar. iPad dan iPhone memang menggunakan sistem operasi yang sama yaitu iOS. Namun, bukan berarti iPhone dan iPad adalah produk yang sama dari dapur pacunya. Prosesor iPhone dan iPad tidak pernah hadir dalam versi yang sama. Apa saja sih perbedaannya?

Beda Penamaan

Prosesor iPad bisa dibilang mirip dengan prosesor iPhone, namun memiliki perbedaan dalam hal penamaan. Misalnya saja tahun 2013 Apple merilis iPhone 5s dan iPad Air. Prosesor yang digunakan sangat identik namun berbeda. iPhone 5s menggunakan prosesor A7, sedangkan iPad Air menggunakan prosesor A7X. Hanya dengan penambahan X di belakang nama prosesornya.

Dioptimalkan Untuk layar Lebar

Secara spesifikasi sih tidak ada perbedaan antara prosesor iPhone dan iPad. Lalu perbedaannya apa? Perbedaannya hanya lah pengoptimalan tampilan untuk layar yang lebih lebar. Penggunaan layar yang lebih luas serta lebih padat pikselnya membuatnya butuh prosesor yang unik. Seberapa besar perbedaannya? Sebenarnya tidak terlalu besar perbedaan antara prosesor iPhone dan iPad dalam hal perbedaan kinerja. Hanya saja prosesor iPhone kurang optimal jika dipasang di iPad karena perbedaan screen dan experience.

Tidak Ada Perbedaan Fitur

Secara fitur, tidak ada perbedaan. Kamu mendapatkan prosesor yang sama dengan iPhone. Sama-sama mendukung teknologi 64-bit, sama-sama mendukung beragam tugas berat, sama-sama mendukung ko-prosesor M, dan lain-lain. Perbedaannya hanyalah sebatas desain prosesor di iPad yang lebih dioptimalkan untuk layar lebar dan user experience yang berbeda saja.

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan mengapa prosesor iPhone dan iPad berbeda?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong