Home iPad Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Install iOS 10

Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Install iOS 10

Akhirnya IOS 10 dan macOS Sierra Beta Tersedia Untuk Publik

IOS 10 akan hadir sebentar lagi. Meskipun masih belum ada tanggal pasti, namun Apple mengatakan bahwa akan  merilis iOS 10 saat musim gugur (fall). Ini berarti, sekitar 1 hingga 2 bulan lagi iOS 10 versi final public sudah bisa kita nikmati. Selagi menunggu Apple merampungkan iOS 10, apakah yang harus kita lakukan?

Jawabannya adalah tidak ada. Hehehe….. tentu saja. Jika kamu tergabung dalam developer preview atau program public beta, kamu diwajibkan untuk menguji sistem operasi tersebut secara penuh lalu memberikan feedback ke Apple. Nantinya, Apple akan menggunakan feedback tersebut untuk peningkatan iOS 10 kemudian hari.

Sebagai pengguna publik yang tidak punya akses beta, yang bisa kita lakukan hanyalah mempersiapkan perangkat iOS milik kita untuk siap menerima update tersebut. Apa saja yang harus kamu lakukan?

Pertama adalah melakukan back-up data-data milikmu. Untuk apa sih melakukan back-up? Kamu pasti masih ingat dong kasus iPhone/iPad yang bermasalah ketika iOS versi baru dirilis? Meskipun iPhone/iPad bisa diperbaiki kembali dengan restore iTunes, data yang tersimpan belum tentu bisa dikembalikan. Jadi pastikan semua data sudah kamu cadangkan.

Kedua, pastikan kamu mempunyai cukup kapasitas untuk mengunduh dan melakukan proses update. Kamu bisa menghapus beragam file dan data yang tidak penting. Kamu bisa memindahkannya ke komputer atau Mac terlebih dahulu untuk digunakan sebelum dihapus dari perangkat iOS.

Ketiga, hapus berbagai beragam file, data, dan aplikasi yang sekiranya tidak kamu butuhkan. Pembaruan iOS tidak akan menyebabkan data menghilang, namun akan mempertahankan data yang ada. Jika terlalu banyak data yang dipertahankan, maka proses akan semakin lama. Jadi, semakin sedikit data yang harus dipertahankan, semakin cepat pula prosesnya. Ini juga bermanfaat untuk mengosongkan kapasitas untuk menerima update.

Keempat, kamu harus siapkan koneksi internet yang cepat dan memadai. Mengunduh pembaruan yang besar biasanya membutuhkan Wifi. Jadi pastikan kamu mempunyai akses ke Wifi yang cukup cepat dan bisa diandalkan.

Kelima, saat kamu sudah siap untuk mengunduh dan memasang update, pastikan perangkat iOS milik kamu juga sudah punya cukup daya baterai. Alangkah baiknya jika kamu melakukan update sambil mengisi baterai perangkat iOS milikmu. Hal ini aman kok, dan memang Apple menyarankan untuk menyambungkannya ke sumber daya.

Bagaimana? Cukup mudah kan? Kamu sudah siap dengan iOS 10?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode