Apple Curang Terkait Hasil Pencarian di App Store?

App Store memang masih menjadi fokus para pengembang yang mencari penghasilan lewat aplikasi smartphone. Hal ini tak lepas dari kecenderungan para pengguna iPhone dan iPad yang lebih mau menghabiskan uang mereka ketimbang para pengguna platform lain.

Kini desain App Store sudah dirombak total oleh Apple. Pertama kali perombakan ini diperkenalkan pada update iOS 11 dengan mengurangi fokus tampilan Top Chart aplikasi dan games paling banyak diunduh.

Apple mengembangkan desain Editorial baru yang dikenal dengan tab Today. Ternyata ada imbas dari tab Top Chart di App Store berupa menurunnya jumlah unduhan untuk aplikasi dan games di daftar Top Chart di App Store.

Misalnya pada tahun 2017, rata-rata para ada unduhan hingga 133.000 pengguna setiap harinya. Namun di tahun berikutnya terus mengalami penurunan. Data tersebut didapatkan dari Sensor Tower dengan menggunakan data tahun 2016 hingga 2019 di Amerika Serikat.

Meskipun begitu hal tersebut tak terlalu berpengaruh pada kategori games. Hal ini karena kebanyakan games gratis yang ada di Top Chart adalah jenis permainan hyper-casual.

Dalam tahun 2019 ada 28 games yang sudah mencapai Top Chart tersebut dan hanya Harry Potter: Wizards Unite saja yang berhasil meraih lebih dari satu hari nongol di Top Chart.

via Tech Crunch

  Akhirnya Punya NFC..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.