Face ID Bisa Ditipu Dengan Kacamata dan Selotip Hitam

Face ID adalah fitur otentikasi biometrik dari Apple yang menggunakan wajah pengguna sebagai kuncinya. Apple bahkan mengklaim Face ID lebih baik ketimbang Touch ID.

Namun bukan berarti Face ID lebih baik dalam segala hal. Salah satunya adalah menipu untuk bisa lolos otentikasi. Secara teori, Face ID lebih mudah ditipu jika ada orang yang memiliki wajah yang sangat mirip. Berbeda dengan Touch ID yang menggunakan sidik jari, lebih sulit untuk menirunya.

Sekelompok peneliti keamanan digital diketahu berhasil menipu sistem keamanan Face ID milik Apple tersebut. Bahkan caranya terbilang sangat sederhana. Proses tersebut cuma perlu kacamata dan selotip hitam saja.

Para peneliti mencoba mengelabui sistem yang bekerja dengan mendeteksi latar belakang, area fokus, dan memastikan wajah pengguna adalah wajah asli dan bukan sebuah topeng.

Para peneliti mengambil kesimpulan bahwa Face ID dapat tertipu karena fitur “liveness detection” bereaksi secara berbeda ketika pengguna menggunakan kaca mata sehingga Face ID tak akan mengolah informasi tiga dimensi dari pengguna.

via MacRumors

  iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.