Apple Makin Tertekan Dengan Smartphone Tiongkok

Sebelum era iPhone dan smartphone Android, kamu mungkin tak pernah membayangkan handphone buatan Tiongkok bakal menjadi sukses seperti sekarang ini. Hal ini tak lain karena handphone China zaman dulu terkenal jelek dan tak ada menariknya sama sekali.

Bahkan di era iPhone dan awal smartphone Android, smartphone buatan Tiongkok bisa dibilang masih jelek. Namun satu per satu smartphone buatan Tiongkok bisa menarik pasar.

Apple yang saat itu memiliki pasar yang cukup besar di dunia semakin tergerus dengan para pemain baru dari Tiongkok. Sebut saja Xiaomi, Huawei, Vivo,Oppo dan lain-lain.

iPhone juga semakin menurun popularitasnya di Tiongkok. Padahal Tiongkok adalah negeri tempat iPhone dirakit. Selain pusat produksi, Apple juga membangun pusat penelitian di Tiongkok. 

Jumlah Apple Store di Tiongkok juga sangat banyak. Saat ini ada 42 Apple Store di Tiongkok dan menjadi yang terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Satu-satunya smartphone non Tiongkok yang bisa menekan Apple hanyalah Samsung. Ya, smartphone asal perusahaan Korea Selatan tersebut termasuk salah satu yang paling sukses di dunia.

Samsung masih jadi penguasa dengan pangsa pasar 21.3 persen. Posisi kedua ada Huawei dengan 15,8 persen. Apple mengutit diposisi ketiga, lalu diikuti oleh Xiaomi, Vivo, dan Oppo. 

Apple juga diprediksi akan terlambat masuk ke pasar 5G. Sementara itu beragam smartphone Android sudah siap untuk mengadopsi teknologi ini. Tekanan Apple semakin besar.

Seperti apakah perjuangan Apple hingga akhir tahun 2019 ini?

via Business Insider

  iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.