Project Zero Google Temukan Celah Keamanan iMessage

Project Zero adalah sebuah proyek yang diinisiasi oleh Google yang bertujuan untuk memburu bug dan celah keamanan di beragam produk teknologi. 

Ketika mereka menemukan bug tertentu, mereka akan memberitahukan pemilik teknologi tersebut dengan harapan bug dan celah keamanan tersebut segera diperbaiki.

Apple adalah salah satu perusahaan yang beberapa kali mendapatkan peringatan dari Project Zero. Kali ini tim Project Zero mendapatkan bug dan celah keamanan di iMessage milik Apple yang membuat perangkat Apple rawan diserang.

Bahkan dikatakan pengguna iPhone tak akan bisa selamat jika sang penyerang berhasil mengeksploitasi bug tersebut. Mau tak mau pengguna harus menghapus semua data di perangkat yang diserang tersebut.

Mereka bahkan menemukan lima bug yang diberi nama kode CVE-2019-8647 dan CVE-2019-8662 yang bisa meretas perangkat jarak jauh, CVE-2019-8660 yang bisa merusak memori perangkat, dan terakhir CVE-2019-8641 serta CVE-2019-8646 yang bisa mengakses file perangkat dari jarak jauh.

Kabarnya Apple sudah sadar dan sudah memperbaiki masalah tersebut. Namun tim Project Zero merasa perbaikan yang diberikan oleh Apple masih belum menyeluruh. Bisa jadi perbaikan penuh baru akan diberikan setelah ini.

via The Verge

  iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.