Kontraktor Siri Bisa Nguping Pembicaraan Pengguna

Buat para penggemar produk Apple, pasti tahu kalau Apple selalu berkomitmen untuk melindungi privasi pengguna. Namun apakah Apple sudah benar-benar bisa menjaga privasi pengguna?

Komitmen Apple tersebut ternyata masih perlu dipertanyakan lagi. Pasalnya, sebuah laporan menyebut bahwa para pekerja kontrak yang bekerja mengembangkan Siri bisa menguping pembicaraan pengguna.

Beragam pembicaraan sensitif seperti obrolan dengan orang lain, informasi kesehatan dan lain-lain bisa dicuri dengar oleh kontraktor Siri tersebut. Sang kontraktor secara anonim memberitahukan hal ini karena khawatir juga jika Apple tak transparan.

Apple tentu saja memberikan klarifikasi dan mengatakan bahwa hanya sebagian kecil rekaman yang diperdengarkan. Tujuannya adalah untuk kepentingan riset dan peningkatan pengalaman pengguna.

Praktik ini sebenarnya sudah umum dilakukan perusahaan lain seperti Google dan Amazon. Hanya saja Apple tidak menawarkan pilihan bila pengguna tak ingin rekaman pembicaraan dipakai untuk keperluan riset.

Bagaimana menurutmu mengenai hal ini?

via The Verge

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.