Apakah Apple Akan Rilis Mac dengan Prosesor AMD?

Sejak Apple memutuskan untuk meninggalkan prosesor PowerPC, Apple secara penuh selalu menggunakan prosesor Intel di semua lini komputer Mac miliknya. Hal ini tak lain dan tak bukan karena prosesor Intel adalah pilihan terbaik saat itu.

Namun saat ini kondisinya sudah tak benar-benar sama dengan dulu. Pesaing terbesar Intel, yaitu AMD kini sudah lebih maju ketimbang Intel dalam beberapa hal. Salah satunya adalah dalam hal arsitektur prosesor.

Saat ini AMD sedang mengembangkan chip prosesor dengan ukuran arsitektur 7 nm, sedangkan Intel hingga kini masih bertahan dengan chip prosesor 10 nm. Intel diprediksi baru akan merilis chip 7 nm di tahun 2021 mendatang.

Jelas ini bukan posisi yang menguntungkan untuk Apple mengingat sekarang ini inovasi Apple juga sudah lebih cepat ketimbang Intel. Bahkan inovasi Apple di komputer Mac sering terlambat karena Intel yang belum siap.

Apple memang diprediksi akan merilis prosesor Mac sendiri berbasis ARM. Mengandalkan pengalaman mereka dalam merancang prosesor untuk iPhone, iPad, Apple TV, Apple Watch, dan lain-lain seharusnya Apple tak akan kesulitan membuat prosesor sendiri untuk Mac.

Tantangan mereka sebenarnya hanya pada dukungan software yang sudah ada. Apple tentu harus merancang emulasi untuk memastikan bahwa beragam perangkat lunak pihak ketiga juga bisa berjalan dengan lancar.

Beralih ke prosesor AMD bisa jadi menjadi pilihan yang lebih masuk akal mengingat beragam perangkat lunak pihak ketiga juga sudah mendukung prosesor AMD. Apple tak perlu bekerja keras dari awal untuk bisa memastikan semua perangkat lunak bekerja dnegna baik.

AMD melalui Ryzennya telah mencapai prestasi yang luar biasa. Chip AMD dengan ukuran 7 nm tidak hanya menawarkan efisiensi, tetapi juga performa yang lebih baik.

Menggunakan produk AMD sendiri bukan hal yang baru buat Apple. Sejauh ini Apple selalu menggunakan kartu grafis AMD di komputer Mac terbaru. Lebih jauh lagi, dukungan Apple untuk eGPU merk AMD di Mac juga sangat bagus.

Tidak menutup kemungkinan Apple akan merilis komputer Mac dengan chip prosesor AMD dan kartu grafis AMD di masa depan.

via ZDNet

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.