Buku Panduan Apple-1 Dilelang, Harganya Bikin Jantungan

Apple-1 adalah komputer pertama yang diciptakan oleh Apple pada tahun 1976. Komputer tersebut tentu saja sudah menjadi sejarah dunia. Jangan bandingkan dengan komputer Apple di zaman sekarang karena sudah jauh berbeda.

Hal itulah yang membuat Apple-1 semakin spesial di mata para penggemar produk Apple, dan juga para kolektor. Meskipun komputer Apple-1 kini sudah tak ada lagi, namun tak semua bagiannya lenyap.

Baru-baru ini diketahui sebuah buku dokumentasi yang berisi panduan cara pemakaian Apple-1 terlihat muncul di situs lelang. Buku panduan setebal 12 halaman tersebut saat ini sudah sangat langka.

Buku panduan ini dilelang oleh RR Auction yang berada di Boston. Dalam catatan yang diberikan oleh RR Auction mengatakan bahwa buku ini masih dalam kondisi yang sangat bagus.

Bukan cuma itu saja, di dalam paket lelang ini juga disertakan sepasang foto kuno dari para pendiri Apple, yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak. Tak ketinggalan pula ada tanda tangan kuno dari mereka berdua.

Buku Panduan Apple-1 Dilelang, Harganya Bikin Jantungan

Terakhir kali terlihat, lelang dengan harga tawaran tertinggi buku legendaris ini sudah menyentuh angka $9422 atau setara dengan Rp 133 jutaan. Tentu saja harga ini terbilang sangat mahal untuk sebuah buku 12 halaman saja.

Di bulan Mei 2019 yang lalu, satu set lengkap komputer Apple-1 berhasil dijual di pasar lelang dengan tawaran harga yang bisa mencapai $600000 atau sekitar Rp 8.4 miliar.

via 9to5mac

  Laptop Gaming Paling Mahal!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.