Malware Baru OSX/CrescentCore Siap Menyerang Mac

Akhir-akhir ini pengguna Mac dan MacBook mendapatkan kabar yang kurang menyenangkan. Bagaimana tidak, sudah ada beberapa malware dan celah keamanan baru ditemukan dalam satu bulan terakhir. Sangat jarang sekali ditemukan malware baru sebanyak ini di platform macOS.

Dilansir dari 9to5mac, kini ditemukan lagi malware baru yang siap untuk menyerang para pengguna Mac dan MacBook. Malware baru tersebut ditemukan oleh tim peneliti keamanan digital dari Intego, dan diberi nama OSX/ CrescentCore.

OSX / CrescentCore ini menyerang dengan menyamar sebagai Flash Player updater yang sering muncul di situs-situs web spam. Jika pengguna lengah, maka malware tersebut akan langsung menginfeksi sistem macOS pengguna.

Biasanya malware ini numpang di berbagai situs download gratisan. Jika kamu sering mengunjungi situs download film gratis, musik gratis, ebook gratis, maka besar kemungkinan komputer Mac kamu bisa terjangkit malware ini.

Menurut mereka, malware ini termasuk cerdas dalam menyembunyikan dirinya. Bisa jadi malware ini sudah ada cukup lama di peredaran, dan baru ditemukan oleh tim peneliti akhir-akhir ini.

Sebelum menginfeksi, malware ini akan mendeteksi apakah OS X atau macOS yang dijalankan tersebut berjalan di Virtual Machine atau tidak. Setelah itu, malware tersebut akan mengecek apakah ada anti virus Mac yang terpasang atau tidak.

Jika Malware ini mendeteksi macOS yang dijalankan ada di virtual machine dan ada antivirus, maka malware ini tak akan melakukan apa-apa. Pada umumnya, malware akan langsung menginfeksi komputer tanpa peduli macOS berjalan di mesin virtual atau tidak, dan tak peduli apakah ada antivirus atau tidak.

via 9to5mac

  Technow #44: Redmi Note 9 Pro 5G! Biaya Produksi iPhone 12, Nokia 9.3 PureView 5G Mundur..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.