DisplayPort 2.0 Mendukung Dua Layar Monitor 8K atau Satu Layar 16K

DisplayPort adalah salah satu teknologi antarmuka tampilan yang dikembangkan dan distandarkan oleh VESA (Video Eelectronics Standards Associaton). DisplayPort digunakan untuk transmisi data video dari suatu komputer ke perangkat output lain.

DisplayPort menjadi sangat populer sejak Apple merilis Mac dan MacBook dengan Thunderbolt 2. Kini Apple menggunakan standar Thunderbolt 3 yang didalamnya sudah mendukung banyak teknologi, seperti USB dan DisplayPort yang lebih baru.

VESA hari ini memperkenalkan standar baru yang diberi nama DisplayPort 2.0. Standar baru ini akan menggantikan DisplayPort 1.4 yang sudah dipakai sejak Maret 2016 yang lalu.

Sebagai standar baru, fitur utama yang didukung adalah transimi data yang lebih cepat. Kini DisplayPort 2.0 mendukung bandwidth hingga 77.4 Gpbs, atau meningkat 3 kali lebih cepat dari DisplayPort 1.4 yang cuma mendukung bandwidth hingga 25.92 Gbps.

DisplayPort 2.0 Mendukung Dua Layar Monitor 8K atau Satu Layar 16K

Dengan demikian, DisplayPort 2.0 akan mendukung dua buah layar 8K atau satu buah layar 16K dalam sekali hubung. Jelas ini adalah fitur yang sangat menarik.

Seperti biasa, Apple kemungkinan besar akan menjadi salah satu yang pertama kali menggunakan standar ini. Meskipun begitu masih belum jelas kapan Apple akan merilis komputer Mac yang mendukung standar DisplayPort 2.0 ini.

via MacRumors

  Aksesoris Gadget Murah Tapi Bagus..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.