Akhirnya iOS 13 dan iPadOS Bisa Akses Drive Eksternal

Fitur mengakses dan membuka drive eksternal di perangkat mobile sebenarnya bukan fitur baru. Hanya saja Apple dari dulu iPhone dan iPad tak pernah membuka akses ini. Pengguna jadi tak bisa membuka beragam drive eksternal seperti flashdisk, kamera DSLR dengan kabel USB, maupun drive USB lain.

Kini tidak lagi karena update iOS 13 untuk iPhone dan juga iPadOS untuk iPad sudah bisa mengakses drive eksternal sebagaimana layaknya USB OTG atau USB on the go di Android. Pengguna bisa buka langsung di aplikasi Files.

Fitur ini jelas akan memudahkan pengguna yang sering menggunakan perangkat iPhone atau iPad untuk melakukan editing foto via Lightroom karena sering kali file tersebut harus diakses langsung dari drive eksternal.

Apalagi sekarang Apple sudah memiliki lini iPad Pro dengan dukungan hardware tinggi serta banyaknya software berkualitas di App Store. Pengguna iPad yang dulu mengeluhkan tidak adanya akses drive eksternal ke kabel USB untuk mendukung produktivitas tentu akan sangat senang sekarang.

Kamu hanya perlu melakukan update ke iOS 13 dan iPadOS terbaru. Update ini baru tersedia dalam versi Beta dan belum dirilis untuk publik dan baru akan tersedia sekitar bulan September 2019 ini.

via iDownloadBlog

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.