Salah satu fitur baru di macOS Catalina adalah fitur yang diberi nama Sidecar. Fitur ini bisa membuat iPad pengguna menjadi sebuah layar eksternal untuk Mac atau MacBook yang sedang kamu gunakan.

Syarat yang harus dipenuhi adalah komputer Mac atau MacBook yang kamu gunakan harus sudah menggunakan macOS Catalina terbaru, serta iPad yang kamu gunakan sudah harus menggunakan iPadOS terbaru.

Apple belum merilis spesifikasi rinci mengenai fitur Sidecar ini, seperti iPad dan Mac model apa saja yang bisa menggunakannya. Fitur Sidecar ini terbilang cukup mudah digunakan karena tidak membutuhkan pengaturan dan tambahan aplikasi apapun.

Pengguna cukup sambungkan saja komputer Mac dan iPad dengan sambungan kabel. Setelah terhubung, maka secara langsung akan muncul menu extended display seperti ketika Mac disambungkan ke layar monitor eksternal.

Pengguna juga bisa menghubungkan Mac ke Mac dengan menggunakan teknologi AirPlay. Dengan AirPlay, pengguna akan tetap bisa mendapatkan pengalaman yang sama seperti ketika terhubung dengan kabel.

Tentu hal ini sangat menarik untuk pengguna yang sudah punya iPad karena mereka tak perlu beli monitor tambahan jika ingin menggunakan fitur monitor eksternal.

via The Verge

  iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.