Apple Perkenalkan iPadOS, Sistem Operasi Khusus iPad

Dalam ajang WWDC 2019 kemarin, Apple secara mengejutkan memperkenalkan iPadOS, sebuah sistem operasi khusus untuk iPad. Sistem operasi ini juga secara efektif akan menggantikan iOS yang selama ini ada di seluruh jajaran produk dan lini iPad.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa perbedaan iPadOS dan iOS di iPad? Sebenarnya iPadOS ini tetap berbasis iOS yang kita kenal selama ini, hanya saja Apple ingin agar iOS yang ada di iPad bisa berkembang dengan sendirinya tanpa perlu menunggu perkembangan iOS secara universal.

Singkatnya, iPadOS adalah iOS khusus iPad yang sedikit berbeda dengan iOS di iPhone. Sekedar informasi saja, dulu sebelum iOS 4 dirilis, sistem operasi yang digunakan di iPad juga masih menggunakan nama iPhoneOS. Setelah iPhoneOS digunakan di iPhone, iPod Touch, dan iPad maka Apple mengganti nama iPhoneOS menjadi iOS.

iOS memang selalu berkembang beriringan baik di iPhone, iPad dan iPod Touch. Namun sejak iOS 10, iPad makin lama makin menampilkan keunikannya dan semakin berbeda iOS di iPhone. Tak heran jika Apple memutuskan untuk mengganti nama iOS di iPad menjadi iPadOS. Siapa tahu Apple akan kembali menggunakan nama iPhoneOS di iPhone masa depan.

Kita nantikan saja seperti apa kiprah iPadOS ini. Apakah pantas menyandang nama iPadOS yang terpisah dari iOS?

via Apple

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.