Rakit Chip iPhone di Indonesia, Pegatron Investasi $1 Miliar

Satu per satu rekanan Apple mulai merakit berbagai komponen di luar Tiongkok untuk menghindari tarif tinggi yang ditetapkan sebagai akibat dari perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok.

Salah satunya adalah Pegatron Corporation, perusahaan manufaktur asal Taiwan yang mana ditugaskan untuk merakit komponen untuk iPhone. Kali ini Pegatron ditugaskan merakit komponen chip iPhone dan akan melakukan proses perakitan Indonesia. 

Dilansir dariĀ Reuters, Pegatron akhirnya resmi menyatakan akan melakukan investasi sebesar $1 Miliar atau setara dengan 15 Triliun Rupiah di Indonesia. Tentu saja ini bukan investasi yang kecil.

Untuk bisa melakukan proses perakitan di Indonesia, Pegatron bekerja sama dengan perusahaan elektronik PT Sat Nusapersada yang ada di Batam.

Ignatius Warsito, Direktur Perwilayahan Industri dari Kementrian Industri menjelaskan bahwa keberadaan Pegatron di Indonesia adalah untuk merakit chip yang akan digunakan untuk produk iPhone.

Pabrik produksi Pegatron di Indonesia juga dikabarkan akan digunakan untuk memproduksi komponen untuk komputer Mac. Namun rencana ini masih menjadi proyeksi jangka panjang dan belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

via Reuters

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.