Home iPad 5 Ancaman Berbahaya Pinjam Meminjam Apple ID

5 Ancaman Berbahaya Pinjam Meminjam Apple ID

Apakah Berbahaya Pinjam - Meminjam Apple ID

Kamu pernah mendengar jasa peminjaman Apple ID? Jika belum pernah, maka kali ini adalah saat yang tepat bagi kamu untuk lebih mengenal bisnis yang bisa dibilang “sangat sederhana” ini. Nah, pertanyaannya sekarang. Apa sih bisnis pinjam-meminjam Apple ID? Apa sih untungnya?

Jadi, ada sebagian orang yang menawarkan jasa peminjaman  Apple ID kepada orang lain. Tujuannya adalah orang yang meminjam tersebut bersedia membayar untuk menggunakan Apple ID yang dipinjamnya. Mengapa sih kok repot-repot pinjam akun Apple ID? Kan bisa bikin gratis?

Apple ID yang dipinjamkan ini bisa dibilang bukan akun biasa. Biasanya, akun ini sudah terdaftar sebagai pemilik lisensi beragam konten di App Store dan iTunes Store. Misal saya punya akun Apple ID macpoin@icloud.com dan sudah membeli game Infinity Blade seri 1 sampai 3 seharga ratusan ribu rupiah, nah jika ada perangkat yang menggunakan akun tersebut maka dia bisa mengunduh game Infinity Blade tersebut tanpa membayar lagi.

Nah, hal ini tentu saja merugikan Apple maupun developer/penjual konten tersebut. Apple juga sadar dengan bisnis semacam ini dan setidaknya akan ada beberapa akibat jika kamu terlibat dalam bisnis ini, baik sebagai pembeli maupun sebagai penjual.

Akun Diblokir Apple

Ini adalah kemungkinan yang paling pasti. Akun Apple ID yang kamu pinjam/pinjamkan bisa diblokir. Hal ini tentu saja menjadi keputusan mutlak Apple untuk memblokir akun Apple ID yang dicurigai melakukan kecurangan. Dengan demikian, akun tersebut tidak akan bisa kamu gunakan lagi untuk membeli semua konten yang sudah dibeli.

Perangkat Diblokir Apple

Masih mending jika cuma akun yang diblokir, bagaimana jika perangkat kamu ikutan diblokir Apple? Mungkin kamu masih bisa login dengan Apple ID milikmu ketika Apple ID yang kamu pinjam sudah diblokir Apple. Nah Apple bisa saja memblokir perangkatmu juga. Jadi, kamu tidak akan bisa mengunduh aplikasi maupun konten apapun. Kalau sudah begini, apa bedanya perangkatmu dengan perangkat biasa?

Terlibat Kriminalitas?

Ini juga harus kamu waspadai. Meskipun kamu tidak kena blokir, bisa saja akun Apple ID yang kamu gunakan itu adalah hasil kriminalitas. Maksudnya? Misal si penjual menggunakan data kartu kredit hasil curian untuk membeli beragam konten, dan akun tersebut digunakan untuk bisnis pinjam-meminjam nya. Kamu secara tidak langsung terlibat dalam kriminalitas karena menggunakan akun tersebut. Apple bisa saja melacaknya, dan bisa saja menuntut semua yang terlibat, termasuk si pelanggan bisnis pinjam-meminjam tersebut meskipun si pelanggan tidak tahu apa-apa.

Apakah Berbahaya Pinjam - Meminjam Apple ID

Alangkah lebih baiknya jika kamu tetap mematuhi aturan Apple dalam penggunaan akun Apple ID. Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli aplikasi dan konten iTunes. Tidak punya kartu kredit? Kamu bisa beli ITunes Gift Card.(Baca: Cara Membeli iTunes Gift Card). Kamu juga bisa membeli konten dengan kartu debit alias rekening tabunganmu di bank (Baca: Membeli Aplikasi dengan Kartu Debit dan Rekening Bank). Bagaimana?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong