Home Mac Ini Yang Bisa Kamu Harapkan Dari Xcode 8 dan Swift 3

Ini Yang Bisa Kamu Harapkan Dari Xcode 8 dan Swift 3

Ini Yang Bisa Kamu Harapkan Dari Xcode 8 dan Swift 3

Xcode dan IDE atau tool pengembangan beragam aplikasi Apple. Mulai dari aplikasi iOS, OS X, watchOS, hingga tvOS. Sedangkan Swift adalah bahasa pemrograman terbaru yang dikembangkan oleh Apple untuk menggantikan bahasa Objective C. Swift mempunyai beragam kelebihan, salah satunya adalah lebih cepat, lebih modern, mendukung beragam fitur baru, dan bahasanya lebih familiar bagi programmer yang sudah terbiasa dengan Python, Java, maupun C#.

Versi terbaru yang akan datang dari Xcode adalah Xcode 8. Xcode membawa banyak fitur baru. Tentu saja salah satu fitur barunya adalah dukungan terhadap versi Swift baru yaitu Swift 3.0. duet maut ini tentu saja menghadirkan sesuatu yang baru jika dibandingkan dengan versi yang lama. Apa saja sih pembaruan yang bisa kamu harapkan?

Salah satu fitur baru Xcode 8 dan Swift 3 dukungan yang lebih banyak dari banyak komunitas open source. Swift sudah menjadi open source sejak peluncuran Swift 2.0 dan sekarang terus berkembang. Semakin banyak komunitas open source yang ikut mengembangkan Swift sehingga akan semakin bagus pula perkembangannya.

Peningkatan lainnya adalah perubahan beberapa bahasa yang lebih natural seperti penggantian syntax dan penambahan syntax. Salah satunya yang paling terlihat adalah penghapusan syntax “++” diganting dengan “+ = 1”. Syntax tersebut masih bisa kamu gunakan di Swift 2 namun ada pesan peringatan untuk menggantinya ke syntax baru karena syntax tersebut sudah tidak didukung lagi oleh Swift 3.

Selain syntax, terdapat beragam peningkatan fitur yang ada di Swift 3. Misalnya Swift playground yang ada di iPad hanay mendkung Swift 3. Beragam template dan kode dasar juga sudah diubah ke Swift 3. Itu berarti, semua project yang kamu miliki mungkin masih bisa berjalan di Swift 2 namun belum tentu mendukung semua fitur dan syntax di Swift 3.

Nah berhubung Swift 3 masih belum dirilis, ada baiknya sebagai developer kita sudah mempelajarinya dengan mencoba Xcode dan Swift terbaru versi beta atau mengunduh panduan manual dari Apple. Informasi lengkap Swoft 3 dan Xcode 8 bisa kamu lihat di sini.

Bagaimana? Sudah tidak sabar dengan Swift 3?

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong