Apple dan Qualcomm Akhirnya Memilih Damai

Sudah beberapa tahun terakhir ini Apple dan Qualcomm berseteru, dan masih belum ada titik temu. Dampak buruk sudah dirasakan oleh kedua belah pihak.

Qualcomm kehilangan salah satu pelanggan terbesarnya, sementara Apple kehilangan pasokan chip modem berkualitas terbaik untuk iPhone. Apple selama ini beralih mengandalkan chip modem buatan Intel sejak berseteru dengan Qualcomm.

Dampak buruk untuk para pengguna dan calon pembeli iPhone adalah mereka tak akan bisa merasakan koneksi internet yang lebih baik ketimbang para pesaingnya. Bahkan iPhone juga diprediksi akan tertinggal dalam hal kualitas jaringan, khususnya 5G, ketimbang para kompetitornya yang menggunakan chip Qualcomm.

Namun nampaknya hal tersebut akan segera berakhir. Pasalnya, Apple dan Qualcomm kini resmi berdamai. Hal ini dibeberkan secara resmi di situs web Apple Newsroom pada pagi hari ini Waktu Indonesia Barat.

Apple setuju untuk membayar tuntutan, membuat persetujuan kerjasama penggunaan lisensi teknologi Qualcomm selama 6 tahun ke depan dengan opsi perpanjangan 2 tahun, dan persetujuan untuk pasokan chipset.

Tentu hal ini adalah kabar menggembirakan untuk calon pengguna iPhone yang berencana membeli iPhone di masa depan. iPhone akan segera menggunakan chip modem Qualcomm yang mana sejauh ini masih selalu lebih baik ketimbang chip buatan Intel.

Meskipun begitu, masih belum jelas apakah iPhone 2019 akan langsung menggunakan chip buatan Qualcomm dan juga akan langsung menggunakan chip 5G. Bisa jadi Apple tetap telat dalam mengimplementasikan 5G di iPhone, dan baru akan menggunakan chip Qualcomm sepenuhnya di iPhone 2020.

via Apple Newsroom

  Apa yang Baru di iOS 12.2..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.