Chipset A12 Bionic milik Apple saat ini telah menjadi chipset tercepat dengan teknologi 7nm. Apple selalu mendesain chipset A-series ini sendiri, namun untuk memproduksinya Apple mempercayakan pada TMSC. Setelah dikecewakan oleh Samsung pada era A9, TSMC menjadi pabrikan tunggal pembuat chipset A-series milik Apple. Dan baru-baru ini mereka berhasil meraih sebuah pencapaian yang cukup penting mengenai teknologi selanjutnya, yaitu proses 5nm.

Digitimes melaporkan bahwa desain infrastruktur telah selesai, sehingga client terpenting mereka, Apple, mampu memulai mengerjakan desain chip dengan proses 5nm. Dengan kepadatan logis hingga 1,8 kali dibandingkan generasi saat ini, proses 5nm diharapkan mampu memberikan peningkatan signifikan baik dari segi kecepatan maupun efisiensi daya. Setelah sukses dengan 5nm, TMSC kini akan memulai membuat teknologi yang mampu membuat chipset dengan proses 3nm di tahun 2022.

Perangkat pertama yang diprediksi menggunakan chipset ini adalah iPhone dan dilanjutkan iPad. Selain itu rumor bahwa Apple akan segera meninggalkan Intel beberapa tahun kedepan semakin kuat, karena Intel saat ini masih bergelut dengan proses 10nm untuk prosesor dengan arsitektur x86. Bisa saja saat ini macOS diam-diam berselingkuh dengan ARM layaknya tahun 2005 silam, ketika Apple berpindah ke Intel dari PowerPC.

via 9to5Mac

  Apple Watch LOW BUDGET..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.