Tampilan Situs Web Not Secure Muncul di Safari Terbaru

Update iOS 12.2 sudah resmi dirilis oleh Apple kemarin, dan sudah ada banyak sekali fitur baru, perbaikan bug, dan peningkatan sistem dan keamanan untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Apakah kamu sudah update ke iOS 12.2 terbaru?

Salah satu fitur baru di web browser Safari iOS 12.2 adalah tampilan peringatan saat kamu mengunjungi situs website yang tidak menggunakan fitur enkripsi. Peringatan tersebut akan memunculkan tampilan tulisan “Not Secure” di bagian kiri atas. Mengapa demikian?

Tampilan Not Secure di Safari akan muncul ketika pengguna mengakses atau membuka situs web yang masih menggunakan HTTP standar, dan belum menggunakan HTTPS yang lebih aman. Kamu bisa coba buka situs web yang masih menggunakan HTTP biasa.

Standar HTTPS saat ini sudah banyak dipakai di situs website dinamis yang melibatkan aktivitas input dari pengguna, misalkan login akun dan lain sebagainya. Situs dengan HTTPS pada dasarnya sudah dijamin aman dengan protokol komunikasi yang dienkripsi via Transport Layer Security (TLS).

Tulisan Not Secure juga tidak selamanya benar-benar tidak aman. Kamu masih akan aman-aman saja selama kamu hanya membuka halaman web biasa, dan tidak ada aktivitas input seperti memasukkan username, password, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Kamu mengalami membuka situs web yang tidak aman?

  Apa yang Baru di iOS 12.2..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.