Chip Modem 5G Intel Untuk iPhone Baru Siap di Tahun 2020 Mendatang

Kita sudah melihat beragam tanda-tanda 5G akan dirilis ke publik tahun 2019 ini. Salah satu tanda terbaru adalah ketika Samsung mengenalkan salah satu varian Galaxy Fold dengan dukungan 5G di dalamnya. Tentu saja Samsung tak akan merilis smartphone 5G jika memang jaringan 5G masih belum siap untuk publik.

Kapan iPhone 5G pertama dirilis? Pertanyaan tersebut mungkin yang akan para penggemar iPhone tanyakan. Jika kita merujuk pada pengalaman Apple sebelumnya, Apple memang tak pernah punya niat untuk menjadikan iPhone sebagai salah satu smartphone pertama yang memiliki dukungan jaringan terbaru.

Ketika iPhone pertama kali dirilis, beragam ponsel 3G sudah dirilis ke pasaran. Nyatanya Apple baru merilis iPhone dengan teknologi 3G satu tahun kemudian. Padahal ketika itu teknologi 3.5G sudah mulai meramaikan pasar. Begitu juga dengan dukungan 3.5G dan 4G, Apple bisa dibilang hampir selalu telat satu tahun.

Jika teknologi 5G baru akan dirilis di tahun ini, itu artinya iPhone baru akan mendapatkan dukungan 5G satu tahun yang akan datang, yaitu di tahun 2020 mendatang. Prediksi ini juga cocok dengan informasi terbaru seperti yang dilansir dari MacRumors ini.

Intel sebagai pemasok chip modem untuk iPhone baru- baru ini menyatakan bahwa chip modem 5G untuk iPhone baru akan siap di tahun 2020 mendatang. Dengan demikian, harapan kamu untuk melihat iPhone terbaru dengan teknologi 5G di tahun 2019 ini tentu bisa dibilang tidak ada.

Apple sebelum ini juga sempat dikabarnya sedang melakukan diskusi dengan beberapa pihak pemasok chip modem lain seperti dari Samsung Electronics dan MediaTek untuk bisa menjadi salah satu penyuplai chip modem 5G untuk iPhone di tahun 2019.

Lagipula, saat ini teknologi 5G sedang dalam tahap pengembangan dan implementasi yang sangat awal juga kemungkinan besar baru akan hadir di beberapa negara saja. Di Indonesia sendiri, masih belum ada tanda-tanda apapun mengenai jaringan 5G ini.

via MacRumors

  7 Hal Wajib Sebelum Menjual iPhone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.