Tuntutan Qualcomm ke Apple Lenyap di Update iOS 12.1

Qualcomm beberapa waktu yang lalu mengajukan tuntutan ke Apple melalui International Trade Commission (ITC) Amerika Serikat. Qualcomm menganggap Apple melanggar beberapa paten yang ada pada perangkat lunak yang digunakan di perangkat iOS.

Namun semua hal yang dianggap melanggar paten tersebut kini sudah lenyap. Pasalnya, pelanggaran yang berhubungan dengan implementasi pada perangkat lunak bisa dengan mudah dihilangkan dengan melakukan update software. Itulah yang dilakukan oleh Apple.

Di update iOS 12.1, Apple kabarnya sudah membereskan semua hal yang dianggap melanggar paten Qualcomm. Salah satunya adalah implementasi fitur penghemat daya. Dengan demikian, semua tuntutan yang dilayangkan Qualcomm sudah tak berlaku lagi.

Padahal sebelum ini, Qualcomm ngotot menuduh Apple melanggar paten dan berharap produk iPhone dan iPad bisa di-banned di sejumlah negara. Berhubung masalah sudah dibereskan oleh Apple, usaha Qualcomm yang satu ini tentu saja terkesan sia-sia.

Qualcomm sendiri sebelumnya sudah memenangkan perang paten di beberapa negara. Salah satu yang paling panas akhir-akhir ini adalah di Jerman. Qualcomm berhasil meyakinkan pihak pengadilan bahwa Apple melanggar paten mereka, dan membuat beberapa model iPhone yang dianggap melanggar paten harus di-banned dari Jerman.

Bagaimana menurutmu mengenai perang paten antara Qualcomm dan Apple sejauh ini?

via MacRumors

  Penggemar Gadget Wajib Tau!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.