Apple Akan Hilangkan Tombol Volume di iPhone dan iPad?

Sudah bukan hal yang baru lagi jika Apple makin lama makin “benci” dengan tombol fisik. Pertama mereka menghilangkan tombol function yang sudah menjadi fitur komputer tradisional dengan Touch Bar. Apple juga menghilangkan tombol Home di iPhone dan iPad. Kini Apple berusaha ingin menghilangkan tombol volume di iPhone, dan mungkin juga di iPad.

Dilansir dari Digital Trend, Apple akan menghilangkan tombol volume di perangkat iPhone. Meskipun dihilangkan, namun Apple akan mengganti tombol volume tersebut dengan teknologi Force Touch. Hal ini kemungkinan bisa dilakukan karena Apple sudah mengajukan paten untuk desain tersebut.

Apple mengajukan paten berupa fitur switch sentuh yang sensitif. Fitur ini dipercaya sebagai salah satu implementasi dari fitur Force Touch di iPhone bahkan Apple Watch. Paten itu sebenarnya adalah lanjutan dari paten yang diajukan pada 2016.

Force Touch sendiri adalah fitur yang membuat pengguna bisa menyesuaikan kekuatan sentuhan pada layar iPhone untuk memunculkan fungsi yang berbeda. Fitur ini hadir di trackpad MacBook dan juga di Apple Watch. Sementara iPhone memiliki fitur 3D Touch dan Haptic Touch.

Haptic Touch sendiri sebenarnya dirancang sebagai pengganti 3D Touch yang absen di iPhone XR. Fitur ini diklaim lebih murah dalam produksinya dan bisa digunakan untuk menekan harga. Kita lihat saja seperti apa implementasi dari Force Touch untuk menggantikan tombol volume di iPhone ini.

via Digital Trend

  Apa yang Baru di iOS 12.2..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.