Beberapa jam yang lalu Apple mengumumkan hasil keuangan untuk kuartal pertama pada tahun ini, menindak lanjuti kuartal terakhir tahun lalu. Hasil tersebut tak seperti yang diperkirakan banyak ‘analis’ dimana Apple dalam masa krisis karena pendapatan yang menurun. Karena Apple ternyata mendapatkan penghasilan bersih nyaris sama seperti tahun lalu.

Tahun ini Apple mendapatkan pemasukan 84,31 miliar dolar dan keuntungan 19,965 miliar dolar. Pemasukan tersebut berkurang 4,18 miliar dolar dari total pendapatan $88 miliar dolar dan keuntungan 20,1 miliar dolar. Pemasukan tertinggi tetap dari iPhone, diikuti oleh iPad, aksesoris, layanan Apple, dan Mac.

Hasil tersebut meleset 5 juta dolar dari prediksi prediksi pendapatan Apple. Melesetnya pendapatan tersebut diperkirakan karena melemahnya penjualan iPhone di China akibat perang pasar yang dimulai oleh Trump. Dolar melambung naik, harga iPhone disana otomatis jadi lebih mahal. Selain itu update yang tak terlalu signifikan juga membuat pengguna iPhone malas upgrade. Namun dibalik itu, penjualan iPad, Apple Watch, dan Mac terus meningkat.

Hal semacam ini sudah menjadi agenda tahunan dimana “aPpLE iS dOoMeD” menjadi headline akhir tahun. Meskipun saat ini nilai saham Apple memang menurun, tapi keuntungan bersih 20 miliar dolar itu adalah mimpi para produsen smartphone Android di seluruh penjuru dunia.

via MacRumors

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.