Qualcomm Tolak Jual Chip Modem untuk iPhone Terbaru

Semenjak kisruh Apple dan Qualcomm, Apple sudah tak lagi menggunakan chip modem dari Qualcomm lagi. Sebagai gantinya, Apple kini beralih menggunakan chip modem buatan Intel.

Bahkan untuk iPhone pertama dengan teknologi 5G yang akan datang, Apple kabarnya mau melakukan diversifikasi, yaitu menggunakan beragam chip modem dari Intel, MediaTek, dan Samsung.

Hingga kini masih belum ada tanda-tanda Apple akan menggunakan chip modem buatan Qualcomm lagi. Seperti yang kita ketahui, chip modem buatan Qualcomm sejauh ini masih menjadi salah satu yang terbaik.

Dalam sebuah sesi persidangan, Jeff Williams yang merupakan Chief Operating Officer (COO) Apple membeberkan sedikit mengenai hubungan Qualcomm dan Apple pada tahun 2018 yang lalu.

Menurutnya, Qualcomm sendiri yang sebenarnya menolak kerja sama untuk memproduksi chip modem yang akan digunakan di iPhone terbaru yang dirilis tahun 2018, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Karena penolakan dari Qualcomm tersebut, maka mau tak mau semua iPhone di tahun 2018 harus menggunakan chip modem dari Intel saja. Qualcomm sendiri masih belum mengomentasi hal ini.

Tidak menggunakan chip buatan Qualcomm bisa menjadi “bahaya” buat Apple. Pasalnya, chip buatan Intel hingga saat ini masih belum bisa mengungguli kualitas dari chip buatan Qualcomm.

Apalagi Qualcomm kabarnya sudah siap merilis chip modem 5G di tahun 2019 ini, yang mana Intel masih belum siap karena masih dalam tahap pengujian, dan baru siap di tahun 2020 mendatang.

via CNET

  Penggemar Gadget Wajib Tau!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.