Pengen iPhone X? Gak Perlu Beli, Mending Rakit Sendiri

Kalau pengen punya iPhone, tentu saja kamu harus beli kan? Entah itu beli langsung ke Apple Store, beli iPhone baru dari toko Apple Premium Reseller, beli toko pihak ketiga yang tidak resmi, atau beli second hand alias iPhone bekas dari mana saja.

Apakah kamu pernah kepikiran untuk merakit sendiri iPhone ketimbang harus membelinya? Meskipun tentu saja kamu tetap perlu membeli berbagai komponen iPhone, namun kamu bisa merakit iPhone sendiri dengan total harga yang jauh lebih murah dari harga baru dan resminya.

Seorang YouTubers Nikolay Tanev berhasil membuktikannya. Dia membeli sejumlah suku cadang iPhone X dan merakitnya menjadi sebuah iPhone X yang siap digunakan, sama seperti yang ada di pasaran.

Apa saja yang diperlukan untuk merakit iPhone X ini? Kamu butuh Logicboard dan perangkat Face ID ($280), Backpanel ($100), layar OLED iPhone X ($130), baterai iPhone X ($11), dan beberapa komponen lainnya. Total yang dia butuhkan adalah $500, sudah lengkap termasuk box dan aksesoris yang dibutuhkan.

Setelah semua komponen yang dibutuhkan sudah lengkap, Nikolay membawanya ke teknisi yang punya alat lengkap untuk merakit iPhone. Proses perakitan lengkap hanya perlu waktu sekitar 30 menit saja.

Bagaimana dengan kualitas produknya? Well, untuk pengujian yang sebenarnya tentu saja harus digunakan dalam waktu beberapa bulan dulu agar bisa melihat seperti apa hasilnya. Kualitas komponen yang dibeli juga menentukan kualitas dari iPhone tersebut.

Bagaimana? Tertarik untuk merakitnya?

via Youtube

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.